“HABIS GELAP TERBITLAH TERANG” STUDY BANDING SMKN 1 KEDIRI BERSAMA SMKN 1 JENANGAN PONOROGO

Kediri, Selasa 15 September 2020

“Habis Gelap Terbitlah Terang”. Kata mutiara tersebut sering kita dengar dan memberi arti yang mendalam dalam kehidupan. Kata mutiara yang disampaikan Ibu R.A Kartini tersebut menyampaikan kepada kita bersama bahwa selalu ada kemudahan dibalik setiap kesulitan, selalu ada hikmah dibalik semua ujian, selalu ada keberkahan dibalik setiap jerih payah perjuangan.

Mengingat fakta yang menerangkan bahwa lulusan SMK sebagai penyumbang pengangguran terbesar di Indonesia menjadikan permasalahan pokok pada seluruh pihak yang terkait dengan pendidikan SMK. Mengapa demikian? Karena kita sadari bahwa SMK selama ini diharapakan mampu menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi yang unggul dan disiapkan untuk manjadi penyumbang generasi yang produktif, inovatif dan berdaya saing. Atas seluruh permasalahan yang ada tersebut SMKN 1 Kediri terus berkomitmen untuk berperan aktif menangani permasalahan rendahnya keterserapan pada lulusan SMK baik diinternal sekolah maupun secara umum Tingkat Satuan Pendidikan SMK. Kata mutiara yang disampaikan Ibu R.A Kartini menjadi semangat yang menginspirasi SMKN 1 Kediri dalam meningkatkan mutu pendidikan pada tingkat Satuan Pendidikan SMK. Bahwa tidak ada hal yang mustahil dirubah selagi masih ada usaha dan doa.

Standard perencanaan meliputi Rencana Kegiatan Bulanan (RKB), Rencana Kegiatan Tahunan (RKT) yang akan dilaksanakan, Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk menunjang terlaksananya kegiatan yang sudah direncanakan pada RKB maupun RKT TIM HKI SMK. Kedua standard proses meliputi penyediaan administrasi kegiatan pada TIM HKI seperti penyediaan dokumen untuk surat masuk, berita acara, presensi peserta setiap kegiatan yang dilakukan, notulensi, serta laporan. Ketiga standard evaluasi yang meliputi form evaluasi ketercapaian kegiatan tahunan maupun bulanan, survey kepuasan pelanggan.

Dari seluruh pemabahasan yang telah dilaksanakan SMKN 1 Kediri bersama SMKN 1 Jenangan Ponorogo menyimpulkan bahwa sangat penting pemenuhan proporsi ideal sistem kinerja pada TIM HKI. Dengan semangat yang tegus bahwa setiap permasalahan pasti dapat diselesaikan dengan ketekunan dan tawakal serta dipenuhi proporsi yang ideal pada sistem kinerja TIM HKI di sekolah SMK akan meningkatkan kredibilitas SMK dimata umum terlebih penanganan kurangnya tingkat keterserapan sekolah pasti terselesaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *